Rektor USU Imbau Civitas Akademika Lebih Berprestasi di 2020

Rektor USU Imbau Civitas Akademika Lebih Berprestasi di 2020
Perpustakaan USU.

CELOTEH RIAU.COM(MEDAN)-- Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH menghimbau seluruh civitas akademika USU tidak cepat merasa puas dengan pencapaian yang telah diraih selama setahun ini. Ia berharap prestasi yang telah dicapai sepanjang 2019 bisa meningkat tahun depan.

"Saya meminta seluruhnya terus bekerja keras dan berkarya dengan lebih baik lagi pada tahun 2020 agar USU dapat memperbaiki peringkatnya dan menembus 10 besar perguruan tinggi di Indonesia," jelas Runtung di Medan, Senin (30/12).

Selain itu, USU juga akan terus mendorong terjadinya peningkatan jumlah dosen yang bergelar doktor. Para dosen yang belum bergelar doktor dimotivasi untuk tetap berjuang mendapatkan gelar doktor di sela kegiatan mengajarnya.

"Kami berharap pada 2020, USU dapat mencapai target untuk mengukuhkan 10 orang guru besar," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, akan melakukan berbagai hal untuk mendorong pembentukan unit-unit kerja yang bisa meningkatkan sumber daya universitas, seperti pembangunan hostel dan penyelesaian produk air minum, dan lain-lain. Ia menekankan untuk penyelesaian perusahaan di bawah naungan USU, yang diharapkan tidak hanya akan menangani pengadaan barang dan jasa, namun juga dapat menciptakan sumber daya universitas, sehingga USU tidak lagi terlalu tergantung dengan dana SPP.

"Dari berbagai aspek yang tertera dalam kontrak kerja Rektor USU tahun 2019, semua sudah tercapai dan bahkan melebihi dari target yang telah ditetapkan," ucap mantan Dekan Fakultas Hukum USU itu.

Runtung mengatakan, yang perlu mendapat perhatian saat ini, adalah perlunya beberapa tindak lanjut dari seluruh prestasi yang telah dicapai, sehingga terus dapat mengalami peningkatan di tahun mendatang.

Scimago salah satu institusi pemeringkatan dunia, juga telah menempatkan USU pada peringkat 1 perguruan tinggi di Indonesia, setelah pada tahun sebelumnya yakni tahun 2018, USU berada pada peringkat ketiga. Sementara pada peringkat dunia, USU menduduki peringkat 536 dari sebelumnya di peringkat 674.

Menutup tahun 2019, USU mengucapkan rasa syukur atas seluruh pencapaian prestasi dan kinerjanya yang dianggap telah melampaui target yang telah ditetapkan.

"Khususnya dengan kenaikan peringkat USU dalam jajaran perguruan tinggi versi Kemenristek, yangn pada tahunn 2018 masih peringkat 15 klastee 2, menjadi peringkat 13 di klaster 1.Kenaikan ini merupakan buah kerja keras seluruh unsur pimpinan dan civitas akademika USU," jelasnya.

#pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index