Thailand Perpanjang Masa Darurat dan Jam Malam Hingga 31 Mei

Kamis, 30 April 2020 - 00:19:45 WIB Cetak

celotehriau.com

CELOTEHRIAU.COM----Pemerintah Thailand memutuskan memperpanjang masa darurat dan mempertahankan jam malam untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dalam rapat kabinet Selasa (28/4), diputuskan bahwa masa darurat diperpanjang selama satu bulan, terhitung mulai 1 Mei mendatang.

Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha, dikutip dari Asiaone, menyatakan bahwa jam malam masih akan terus diberlakukan. Selama ini aturan jam malam di Thailand adalah mulai pukul 22.00 hingga 04.00.

Rapat kabinet juga memutuskan untuk tetap memberikan libur pada tanggal yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sebelumnya Thailand menetapkan masa darurat sejak 26 Maret hingga 30 April sedangkan penerapan jam malam dimulai pada 3 April.

Thailand masuk dalam deretan negara pertama yang mengkonfirmasi kasus positif corona di luar China. Kasus pertama di Thailand sudah dikonfirmasi pada 13 Januari dan transmisi lokal pertama dilaporkan pada 31 Januari.

Setelah kasus positif corona terbilang minim di Februari, berdasarkan data Worldometer, lonjakan kasus positif corona meningkat di bulan Maret, puncaknya pada 22 Maret saat ada 188 kasus positif dalam satu hari.

Hal itu lalu yang ikut mendorong masa darurat dan pelaksanaan jam malam. Di bulan April, grafik penurunan terlihat dalam kasus positif corona. Namun setelah empat hari beruntun mencatat penambahan kasus baru di bawah 20, penambahan kasus baru melonjak ke angka 53 kasus pada 25 April.

Tren yang masih fluktuatif ini yang kemudian mendorong Thailand untuk tidak melonggarkan pengawasan saat ini. Kasus aktif positif corona di Thailand saat ini sendiri ada di angka 232 kasus per 28 April.

Secara keseluruhan, Thailand mencatat 2.938 kasus positif corona dengan jumlah meninggal dunia mencapai 54 orang.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Internasional

PM Inggris Masuk ICU usai Infeksi Corona Memburuk

Selasa, 07 April 2020