Rekomendasi Ikan Cupang Termahal untuk Memulai Budidaya

Kamis, 30 Juli 2020 - 14:18:37 WIB Cetak

CELOTEHRIAU-- Selain maraknya aktivitas budidaya tanaman hias sebagai aktivitas penghilang bosan di tengah masa pandemi virus corona (Covid-19), ternyata budidaya ikan hias turut menjadi tren, utamanya di wilayah Asia Tenggara.

Tak heran, sebagian orang mulai mengenali dan mencari tahu jenis-jenis ikan cupang termahal di Indonesia hingga dunia saat ini.

Pasalnya tak hanya sebagai modal kesenangan, pemilik juga dapat menjadikannya ladang bisnis, sebab akhir-akhir ini ikan cupang hias disebut-sebut sebagai potensi usaha yang menguntungkan.

Mengenal Ikan Hias Cupang

Melansir dari Peta, ikan cupang ini tergolong individu yang sensitif dan kompleks. Meskipun perawatannya mudah, namun ikan cupang mudah sekali stres ketika hanya dieksploitasi untuk modal jual-beli, tanpa mendapatkan perawatan yang baik.

Jenis ikan satu ini berasal dari Asia dan sangat mudah ditemukan di daerah Asia Tenggara, seperti Thailand hingga Indonesia.

Ikan cupang juga merupakan spesies ikan tropis yang dapat hidup dengan mudah di rawa-rawa. Ikan cupang memiliki alat pernapasan tambahan yang disebut dengan labirin. Alat pernafasan tambahan ini berperan untuk mengambil oksigen langsung dari udara.

Oleh sebab itu, hal tersebut menjadikan ikan cupang istimewa, sebab tanpa aerator atau alat sirkulasi udara pun, ikan yang hanya memiliki ukuran tubuh maksimal 5cm ini tetap dapat hidup.

Mengutip dari PetMD, Rata-rata rentang hidup ikan cupang hanya dapat bertahan sekitar 3 sampai 4 tahun. Tetapi, pemilik harus dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang meliputi makanan, asupan cahaya, dan stimulasi mental yang tepat.

Pasalnya, ikan cupang juga merupakan ikan hias yang sangat agresif. Mereka terkenal suka berkelahi satu sama lainnya, sehingga tak disarankan pemilik meletakkan dua ikan cupang dalam satu wadah bersama.

Empat Ikan Cupang Termahal Saat Ini

Selain menjadi ikan hias, hewan yang memiliki sebutan ikan petarung ini juga kerap menjadi bahan aduan. Tak heran jika harganya dapat melambung tinggi di masyarakat jika diketahui punya riwayat hebat dalam bertarung.


Kendati demikian, harga yang telah dipatok hingga puluhan juta ini tak dapat dipukul rata dengan jenis ikan yang sama. Sebab ada faktor lain yang memengaruhi harganya. Semakin unik dan indah ikan cupang, tentu harga yang ditawarkan akan semakin mahal.

Melansir dari Nice Bet Thailand, berikut ini adalah jenis ikan cupang termahal dan populer yang dapat ditemukan di Thailand maupun Indonesia.

1. Ikan Cupang Kachen Worachai
Ikan cupang yang satu ini disebut-sebut sebagai ikan petarung handal dengan harga paling mahal di dunia. Dalam acara lelang secara daring pada 15 November 2016 lalu, harga ikan cupang dibanderol Rp24 juta.

Dalam bahasa Latin, nama ikan cupang betta splendens ini sesuai dengan nama pemiliknya Kachen Worachai yang berasal dari Bangkok, Thailand.

Yang membuatnya semakin berharga dan mahal, ikan ini memiliki motif serupa dengan bendera kebangsaan Thailand. Jika diamati, ikan ini memiliki badan keseluruhan berwarna biru, dengan garis membujur putih di bagian perut dan ada warna merah yang sejajar di bagian sirip bawahnya.

2. Ikan Cupang Fancy
Ikan cupang yang sangat ikonik dengan garis warna tunggal di tubuh bagian depannya ini, dipatok harga Rp10 juta pada sebuah acara lelang secara daring.

Gradasi warna dan bentuk ekor yang sangat ciamik menjadikannya ikan hias yang sangat cantik jika diletakkan di dalam akuarium rumah.

Tak heran, beberapa kolektor ingin mengadopsinya sebagai pemanis ruangan di rumah. Selain memiliki warna yang cantik, ikan cupang ini juga dapat menjadi petarung yang andal.

3. Ikan Cupang Rose White Platinum
Ikan cupang yang satu ini memiliki warna putih secara keseluruhan yang membuat penampilannya cantik dan lembut. Ikan ini masuk dalam jenis ikan Cupang Double Tail (DT).

Dalam sebuah situs lelang, ikan ini dihargai dengan Rp10 juta per ekornya. Namun di beberapa marketplace, harga ikan cupang dengan jenis double tail anakan ini dipatok mulai Rp50 ribu hingga Rp1 juta.

4. Ikan Cupang Half Moon

Ikan cupang yang satu ini memiliki warna teduh yang indah. Sesuai dengan namanya, ekor dan sirip ikan cupang ini mirip dengan bentuk bulan separuh (half moon).

Ikan ini disebut-sebut berasal dari Thailand, yang kemudian dikembangkan oleh Peter Boettner dari Amerika Serikat pada tahun 1980-an.

Dalam sebuah lelang online di Thailand, ikan ini berhasil dijual dengan harga Rp8 juta. Namun untuk model jenis ikan cupang Half moon yang biasa, masyarakat Indonesia dapat memiliki anakannya dengan menebus seharga mulai dari Rp40 ribu.

Nah, setelah pembaca mengetahui daftar ikan cupang termahal yang pernah ada, maka jika Anda berminat menekuni budidaya yang satu ini. Maka, cobalah mulai dengan mengoleksi beberapa jenis ikan cupang yang telah diulas.

Tak menutup kemungkinan, ikan yang Anda rawat dan miliki memiliki keunikan, sehingga membuatnya memiliki nilai daya jual yang tinggi.



Baca Juga Topik #serba serbi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+