Daftar Lengkap Calon Menteri Kabinet Joe Biden

Rabu, 20 Januari 2021 - 13:56:51 WIB Cetak

joe bidden

CELOTEHRIAU--Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, telah memilih sejumlah nama untuk mengisi jabatan menteri dan pejabat dalam kabinet pemerintahannya sebelum resmi dilantik sebagai orang nomor satu di Negeri Paman Sam pada Rabu (20/1/2021).
Sebagian besar kandidat menteri dan pejabat pilihan Biden itu masih menunggu sidang kelayakan dan verifikasi Senat.

Dikutip Reuters, berikut jajaran nama kandidat yang dipilih Biden beserta jabatannya.

Menteri Luar Negeri: Antony Blinken, mantan Wakil Menlu AS era Presiden Barack Obama. Blinken juga pernah menjabat sebagai wakil penasihat keamanan nasional Obama.

Menteri Pertahanan: Lloyd Austin, mantan Komando Militer AS di Timur Tengah. Austin akan menjadi menhan kulit hitam pertama AS jika pencalonannya disetujui Senat.

Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA): William Burns, mantan Wakil Menlu AS era Obama. Burns dikenal dengan fokusnya terhadap isu Rusia dan Timur Tengah.

Menteri Keamanan Dalam Negeri: Alejandro Mayorkas, pengacara asal Cuba. Jika disetujui, Mayorkas akan menjadi orang Latin dan imigran pertama yang menduduki jabatan menteri tersebut.

Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB): Linda Thomas-Greenfield.

Direktur Badan Intelijen Nasional: Avril Haines, mantan wakil penasihat keamanan nasional Presiden Obama.

Kepala Staf Gedung Putih: Ron Klain, mantan penasihat Biden.

Jaksa Agung: Merrick Garland. Garland pernah dinominasikan oleh Presiden Obama sebagai Hakim Mahkamah Agung pada 2016.

Menteri Perdagangan: Gina Raimondo, mantan Gubernur Rhode Island.

Menteri Keuangan: Janet Yellen, mantan Direktur Bank Sentral AS, Federal Reserve.

Menteri Pendidikan: Miguel Cardona. Saat ini, Cardona menjabat sebagai komisioner pendidikan Connecticut. Ia merupakan mantan guru pengajar.

Menteri Ketenagakerjaan: Marty Walsh, mantan Wali Kota Boston yang berhasil menaikan upah minimum buruh di kotanya dan tunjangan pensiun untuk keluarga.

Menteri Perhubungan: Pete Buttigieg, mantan Wali Kota South Bend, Indiana, yang merupakan eks saingan Biden dalam pemilihan kandidat calon presiden AS dari Partai Demokrat.

Menteri Pertanian: Tom Vilsack, mantan Menteri Pertanian AS era Obama dan mantan Gubernur Iowa 1999-2007.

Menteri Perumahan dan Pengembangan Wilayah: Marcia Fudge. Jika disetujui Senat, Fudge akan menjadi perempuan kulit hitam kedua yang memegang jabatan menteri tersebut.

Menteri Dalam Negeri: Deb Haaland. Jika disetujui, Haaland akan menjadi orang asli Amerika pertama yang menjabat sebagai menteri. Jabatan mendagri turut berfokus menangani isu kesukuan dan adat.

Menteri Kesehatan dan Layanan Masyarakat: Xavier Becerra, mantan Jaksa Agung Negara Bagian California.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit: Rochelle Walensky. Walensky saat ini menjadi Kepala Badan Pengendalian Penyakit Menular Rumah Sakit Massachusetts. Ia juga merupakan profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Kepala Satuan Tugas Penanganan Virus Corona: Jeff Zients. Peran Zients akan berfokus mengawasi operasi dan distribusi ratusan juta dosis vaksin Covid-19 dan penanganan pandemi.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Internasional

Planet Jupiter Bakal Terlihat Jelas dari Bumi?

Jumat, 07 Juni 2019
Internasional

Intelijen AS Sebut Kim Jong Un Kritis Usai Operasi

Selasa, 21 April 2020
Internasional

124 WNI Salurkan Hak Pilih di Suriah

Ahad, 14 April 2019