Makna dan Keutamaan dari Nisfu Sya’ban

Makna dan Keutamaan dari Nisfu Sya’ban
Ilustrasi

CELOTEHRIAU - Kalender Islam, 1442 Hijriah, bulan Sya’ban jatuh mulai tanggal 28 Maret 2021. Bulan Sya’ban sendiri, merupakan bulan ke delapan penanggalan hijriah sesudah bulan Rajab. Pada bulan Sya’ban, ada momen yang selalu dinantikan umat Islam, yaitu Nisfu Sya’ban.

Secara bahasa, nisfu dalam bahasa Arab, artinya separuh dan satu antara keutamaan malam Nisfu Syaban adalah yang mana Allah SWT mengampuni semua dosa hambanya.

Berikut, makna bulan Syaban dan apa saja keutamaannya :

1. Mengapa Namanya bulan Syaban?

????????? ????????? ??????????????? ???? ?????? ?????????? ???? ???? ??????????? ?????? ???? ???????? ?????? ?????? ??????????

“Dinamakan Syaban sebab mereka berpencar-pencar mencari air atau di dalam gua-gua setelah bulan Rajab Al-Haram.” (Fathul-Bari Libni Hajar, IV/213)

2. Menyirami Amalan

Abu Bakr Al-Balkhi rahimahuLLAAHu Ta’ala anhu mengatakan:

?????? ????? ?????? ?????????? ???????? ????????? ?????? ?????? ?????????? ???????? ????????? ?????? ??????? ?????????.

“Bulan Rajab adalah bulan menanam, bulan Syaban adalah bulan menyirami tanaman dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen tanaman.” (Lathaiful-Ma’arif libni Rajab Al-Hanbali, hal. 130)

3. Naikkannya Amal Salihah ke hadapan Allah SWT

?????? ?????? ???????? ???????? ?????? ?????? ?????? ??????????? ?????? ?????? ???????? ????? ???????????? ????? ????? ????????????? ????????? ???? ???????? ??????? ??????? ??????

“Bulan Syaban adalah bulan di mana manusia mulai lalai, yaitu di antara Rajab & Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan pada Allah, Rabb semesta alam. Sebab itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i no. 2357, hadits hasan)

4. Memperbanyak Puasa Sunnah:

????? ???????? ??????? ??????? – ??? ???? ???? ???? – ??????????? ??????? ?????? ?????? ????????? ? ????? ?????????? ???????? ???????? ?????? ??? ?????????-

“Aku tak pernah sama sekali melihat Rasulullah SAW berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain bulan Ramadhan. Aku pun tak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa bulan Syaban.” (HR. Bukhari no. 1969; & Muslim no. 1156)

Apabila berpuasa pada malam Nisfu Sya’ban saat Ayyamul Bidh 13 Syaban, Ayyamul Bidh 14 Syaban serta Ayyamul Bidh 15 Syaban yang mulai dari tanggal 27 Maret sampai 29 Maret.

Sebelum memulai puasa Nisfu Sya’ban ataupun malam Nisfu Sya’ban, dapat membaca niat puasa berikut:

???? ??? ??? ????? ??? ??? ?????

NAWAITU SHAUMA GHADIN’AN ADA’I SUNNATI SYA’BANA LILLAHI TA’ALA

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Sya’ban esok hari karena Allah SWT.”

Selain itu, malam Nisfu Sya’ban yang akan jatuh pada hari Minggu, 28 Maret 2021 kelak juga dapat menyambutkan dengan memperbanyak doa. Pada malam yang mulia ini, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya umat muslim menghabiskannya dengan memperbanyak doa:

Allah Ta’ala memberikan perhatian-Nya kepada seluruh makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban. Dan Allah Ta’ala mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain.” (HR At-Thabrani dari Muadz bin Jabbal radhiallahu ‘anhu).

Tidak ada doa khusus yang perintahkan untuk dibacakan dalam menyambut malam Nisfu Sya’ban, namun ada satu doa yang kerap jadi lantunan untuk menghidupkan malam tersebut, seperti berikut:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’. Allahumma inni as alukal ‘afwa wal ‘afiyata wal mu’afaatad daimata fid dunya wal akhirati.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia. Engkau menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku betul-betul memohon maaf kepada-Mu, dan kesehatan dan kecukupan di dunia dan akhirat.

Selain itu Imam Asy-Syafi’i berkata bahwa pada malam Nisfu Sya’ban biasanya membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali masing-masing mewakilkan permintaan kepada Allah dalam memohon umur yang panjang, kemurahan rezeki serta keteguhan iman (wafat husnul khatimah). 

Berita Lainnya

Index