Presiden Kembali Kirim Bantuan Sapi Kurban untuk Riau

Presiden Kembali Kirim Bantuan Sapi Kurban untuk Riau
Ilustrasi/int

PEKANBARU - Kabar gembira datang bagi masyarakat Riau! Provinsi Riau kembali mendapatkan bantuan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo untuk perayaan Idul Adha 1445 Hijriah.

"Alhamdulillah, kita kembali dipercaya untuk menerima bantuan sapi kurban dari Bapak Presiden," ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Masrul Kasmy.

Masrul menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima surat pemberitahuan resmi dari kementerian terkait dan segera menindaklanjutinya dengan mencari kandidat sapi yang memenuhi kriteria.

"Kita sudah kirim surat ke beberapa daerah penghasil sapi, seperti Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Pelalawan," terangnya.

Proses seleksi sapi kurban bantuan Presiden ini terbilang ketat. Sapi yang dicari harus memiliki bobot terberat dan dalam kondisi kesehatan prima.

"Kita juga akan melakukan survei dan pengambilan sampel sapi yang didampingi oleh Balai Veteriner (BVET) Bukittinggi," tambah Masrul.

Setelah proses seleksi selesai dan sapi kurban terpilih dinyatakan sehat, tim dari pusat akan turun tangan untuk melakukan koordinasi dan negosiasi harga dengan peternak pemilik sapi.

"Kita siapkan beberapa alternatif kandidat sapi kurban, dan nanti tim dari pusat yang akan memilih sapi terbaik untuk dikurbankan di Riau," jelas Masrul.

Tahun 2023, Riau juga mendapat sapi kurban bantuan kemasyarakatan Presiden, yaitu sapi Brahman seberat 906 Kg milik peternak Franto Kukuh Sulahi Rio dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).
 

Berita Lainnya

Index