Raja Swedia Cabut Kewajiban 5 Cucu Supaya Merakyat

Raja Swedia Cabut Kewajiban 5 Cucu Supaya Merakyat
Raja Swedia Carl Gustaf Remi mencabut kewajiban bagi 5 Cucu nya agar lebih merakyat.(celoteh riau.com/yudiwaldi)

CELOTEH RIAU.COM-?? Raja Swedia, Raja Carl Gustaf, memutuskan mencabut beban kewajiban keluarga kerajaan dari lima cucu. Alasannya adalah dia berharap dengan kebijakan itu keturunannya bisa hidup tanpa beban dan diharap lebih merakyat.

Seperti dilansir CNN, Selasa (8/10), menurut penjelasan Kepala Staf Kerajaan Swedia, Fredrik Wersäll, kelima cucu Raja Carl Gustaf tetap menyandang gelar pangeran atau putri. Namun, mereka tidak lagi diharuskan menjalankan tugas-tugas kerajaan.

Kelima cucu Raja Carl Gustaf yang tidak lagi diharuskan menjalankan tugas-tugas kerajaan adalah Putri Leonore, Pangeran Nicolas dan Putri Adrienne yang merupakan anak dari Pangeran Carl Philip dan Putri Sofia. Selain itu ada Pangeran Alexander dan Pangeran Gabriel yang merupakan anak dari pasangan Putri Madeleine dan Christopher O'Neill.

Hanya dua cucu Raja Carl Gustaf yang kewajiban kerajaannya tidak dicabut. Yaitu anak dari Putri Mahkota Victoria, Putri Estelle, dan Pangeran Oscar.

Menurut Putri Madeleine, rencana itu sudah diharapkan sejak lama supaya anak-anaknya bisa menjalani hidup seperti penduduk biasa.

 

Pangeran Carl Philip juga berharap hal ini bisa membuat anak-anaknya lebih leluasa mengatur kehidupan pribadi masing-masing saat dewasa nanti.

Raja Gustaf dan Permaisuri Silvia mempunyai tiga anak. Yakni Victoria, Carl Philip dan Madeleine.

Pada 1980, kerajaan mengubah aturan penerus tahta adalah anak sulung dan tidak terikat pada gender tertentu.

#internasional

Index

Berita Lainnya

Index