Babinsa Koramil 02 Kota Hadiri Sosialisasi Pencegahan DBD

Jumat, 15 November 2019 - 12:21:05 WIB Cetak

CELOTEH RIAU.COM--Babinsa  Kelurahan Sumahilang Serda Khairuddin dan Babinsa  Kelurahan Tanah Datar Serka Agus Priyanto dan Serda Edy Priyanto ikut menghadiri kegiatan  Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan dampak dari DBD di Aula Kecamatan Pekanbaru Kota, Jumat (15/11/2019)

Kegiatan yang digelar di Jalan Teuku Umar No 20 Kelurahan Kota Tinggi, Kecamatan Pekanbaru kota
ini dihadiri langsung Sekcam Pekanbaru Kota Marini Puspito Sari SSTP. S.Mi, Dinas Kesehatan Pekanbaru Handan, Pengawas Puskesmas Kecamatan  Pekanbaru Kota  Delly, Lurah Sumahilang Yusrial A.md, Ketua LPM Kecamatan Pekanbaru Kota serta Ketua RW RT se Kecamatan Pekanbaru Kota.

Acara dimulai dengan sambutan dari Sekcam Pekanbaru Kota, Kapus Kecamatan  Pekanbaru Kota
dan sosialisasi dari Dinas Kesehatan Pekanbaru.

Kata Serda Khairuddin, kegiatan mensosialisaikan 1 Rumah 1 Jumantik” (juru pemantau jentik). Gerakan ini bertujuan menurunkan angka penderita dan angka kematian akibat DBD dengan meningkatkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga untuk melakukan pencegahan.

"Gerakan ini merupakan program pemberantasan sarang nyamuk yang mengajak seluruh masyarakat berperan aktif dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk, khususnya jentik nyamuk Aedes. Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik ini sudah digaungkan sejak ASEAN Dengue Day (ADD) 2015 yang lalu di Indonesia. Program ini diyakini akan berjalan dengan baik jika ada dukungan dan peran serta masyarakat Indonesia, khususnya warga Kecamatan Pekanbaru Kota," kata Babinsa Sumahilang ini.

Babinsa Kelurahan Tanah Datar, Serka Agus P didampingi rekannya Serda Edi , menambahkan nantinya,  juru Pemantau Jentik, merupakan anggota masyarakat yang dilatih oleh Puskesmas setempat untuk memantau keberadaan dan perkembangan jentik nyamuk.

"Gunanya  mengendalikan penyakit DBD di suatu daerah melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus, yaitu; Menguras bak mandi, Menutup tempat penampungan air, Memanfaatkan barang bekas, Plus  cegah gigitan nyamuk," tegasnya .



Baca Juga Topik #serba serbi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+