Babinsa Koramil 02 Kota Hadiri Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama, Ini Pesannya

Babinsa Koramil 02 Kota Hadiri Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama, Ini Pesannya

CELOTEHRIAU.COM--Babinsa Koramil 02 Kota Kodim 0301 Pekanbaru ikut menghadiri rapat program kerja kecamatan dan sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Aula Kantor Kecamatan Pekanbaru Kota, Jumat (6/12/2019).


Pelda Bambang didampingi rekannya Serka TM Sihite menuturkan pentingnya sosialisasi kerukunan umat beragama. Mengingat Kondisi kehidupan keagamaan di Kecamatan Pekanbaru Kota diwarnai dengan keberagaman umat beragama.

"Kita sudah terbiasa hidup berdampingan antar umat beragama secara damai dalam semangat kesatuan Bhinneka Tunggal Ika," kata Pelda Bambang.

Namun terang Bambang, sikap menerima perbedaan saja tanpa pemahaman yang mendalam akan hakikat  sesungguhnya dari perbedaan itu ternyata masih rentan terhadap konflik.

"Biasanya dilatari kepentingan individu maupun kelompok dan kepentingan politik maupun ekonomi dengan memanfaatkan sentimen dan simbol-simbol keagamaan sebagai pemicu terjadinya konflik. Untuk itu, perlu dilakukan dialog tentang pengembangan Wawasan Multikultural melalui Sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama," jelas Bambang.

Jadi, sambungnya, penyuluhan kerukunan beragama ini diharapkan semakin merukunkan kehidupan  antar umat bergama."Kami minta saling menjaga toleransi meski berbeda agama dan keyakinan. Semua harus saling menghormati dan menjaga kedamaian.Mari jaga persatuan dan kesatuan bangsa," ajaknya.


Senada  Ketua FKUB Pekanbaru Ismardi Ilyas, MA berharap Sosialisasi  Kerukunan Umat Beragama bisa dipahami  karena 
pertemua ini bertujuan untuk menjaga kerukunan antar dan intern umat beragama.

Kata Ilyas, memeluk agama adalah hak setiap warga negara dan dilindungi oleh undang-undang (UU). Oleh karena itu masyarakat harus menjaga hubungan umat beragama dengan cara toleransi, jangan perbedaan keyakinan membuat perpecahan. Perbedaan harus disikapi dengan baik melalui persatuan dan kesatuan.

Ilyas mengimbau, pengurus FKUB agar melakukan pendataan rumah ibadah dan pemeluk umat beragama secara menyeluruh, serta aturan-aturan pendirian rumah tempat ibadah. 

"Karena pembentukan karakter anak-anak dimulai dari pendidikan agama baik formal maupun informal dan sekolah wajib menyediakan tempat ibadah serta guru agama untuk memberikan pemahaman secara detil termasuk soal keberagaman di Indonesia," sebutnya.

Dalam pada itu,  Kapolsek Pekanbaru Kota AKP Sunarti mengimbau kepada seluruh  masyarakat, khususnya di Kecamatan Pekanbaru Kota harus tetap menjaga  Kerukunan Umat Beragama .

 "Persoalan agama itu sangat sensitif . Jadi jangan kita melihat bagaimana perbedaan dalam kehidupan beragama.Tapi kita harus melihat mereka, sebagai orang Indonesia dan Pancasila.Jadi, mari kita jaga kerukunan beragama, kalau tidak kita,  siapa lagi," tukasnya.

 


 

#serba serbi

Index

Berita Lainnya

Index