Ini Pesan Kim Jong Un ke Pemerintah Cina Terkait Virus Corona

Jumat, 08 Mei 2020 - 09:15:36 WIB Cetak

Kim Jong Un

CELOTEH RIAU.COM--- Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un mengirim pesan verbal kepada Presiden China Xi Jinping atas keberhasilan melawan virus Corona , seperti dilaporkan KCNA.

Seperti dikutip dari AFP, kantor berita Korut itu tidak menjelaskan apa yang dimaksud dengan "pesan verbal," dan tidak jelas apakah Kim dan Xi telah berbicara secara langsung.

Namun KCNA menyebut pesan itu ada kaitannya dengan keberhasilan China dalam perang melawan virus corona. Kim memberikan salam hangat kepada Xi.

Kim baru-baru ini menjadi perhatian dunia setelah hampir tiga pekan menghilang.

Dia kembali tampil di depan publik untuk pertama kali pada Jumat (1/5) setelah sempat dikabarkan dalam kondisi kritis hingga meninggal. Diktator negara terisolasi itu terlihat muncul dalam sejumlah foto dan video yang dirilis kantor berita Korea Utara, KCNA.

Kim Jong-un memang sempat diisukan berada dalam kondisi kritis setelah menjalani operasi jantung kardiovaskular pada pertengahan April lalu. Rumor itu semakin kuat setelah sekelompok ahli medis China, sekutu terdekat Korea Utara, dikirim ke Pyongyang.

Seorang petugas medis China mengatakan kepada majalah Jepang bahwa Kim Jong-un sempat menderita serangan jantung hingga jatuh pingsan saat berkunjung ke daerah pedesaan awal Mei ini. Seorang dokter yang menemani Kim dikabarkan melakukan CPR dan membawanya ke rumah sakit terdekat.

Meski begitu, tidak ada satu pun rumor yang terkonfirmasi. Intelijen Korea Selatan yang kerap memantau aktivitas pemerintah Korea Utara juga menegaskan Kim Jong-un tidak berada dalam kondisi kritis atau menjalani operasi baru-baru ini.

Spekulasi terkait kondisi Kim Jong-un muncul setelah ketidakhadirannya dalam HUT Kim Il-sung pada 15 April lalu. Padahal, perayaan itu menjadi yang terpenting bagi bangsa Korea Utara.

Ia terakhir kali terlihat di publik pada 11 April lalu saat memimpin rapat polibiro Partai Pekerja Korea Utara

 



Baca Juga Topik #internasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+