Myanmar Catat 191 Kasus Corona dalam Dua Bulan

Rabu, 20 Mei 2020 - 04:30:51 WIB Cetak

Ilustrasi covid-19

CELOTEH RIAU.COM---Kementerian Kesehatan dan Olahraga Myanmar melaporkan infeksi virus corona hingga Selasa (19/5) mencapai 191 kasus. Sekitar tiga kasus baru di antaranya dilaporkan bertambah dalam tempo sehari terakhir.

Mengutip Xinhua, pihak kementerian mencatat dua pasien yang terinfeksi virus diketahui berasal dari negara bagian Kayin dan Thanintharyi.

Semua pasien positif corona saat ini dalam proses karantina selama 14 hari.

Myanmar melaporkan 101 pasien yang sempat terinfeksi corona saat ini telah sembuh. Sementara angka kematian akibat corona sebanyak enam orang.

Dibandingkan negara lain di Asia Tenggara, Laos dan Myanmar menjadi negara yang baru melaporkan adanya infeksi corona dalam tempo dua bulan terakhir.

Pada 23 Maret lalu Kemenkes Myanmar mengonfirmasi dua kasus infeksi corona pertama.

Kedua pasien pertama yang terinfeksi corona diketahui sebagai seorang pria yang baru kembali dari Amerika Serikat dan satu laki-laki yang pulang dari Inggris.

"Kami akan menginvestigasi semua orang yang berhubungan dekat dengan kedua pria ini," demikian pernyataan Kemenkes Myanmar seperti dikutip AFP.

Pengumuman itu langsung memicu kepanikan warga yang segera menyerbu supermarket di Yangon, padahal daerah itu sebelumnya sangat tenang.

Sejumlah pihak sempat meragukan klaim Myanmar yang sama sekali nihil laporan kasus corona. Terlebih letak geografis Myanmar yang berbatasan langsung dengan China dan sanitasi di negara itu juga belum berkembang.

 



Baca Juga Topik #internasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Internasional

Inggris Sebut Bakal Longgarkan Lockdown Bertahap

Senin, 04 Mei 2020
Internasional

Jack Miller, proyek jangka panjang Honda

Jumat, 10 April 2015