Percaya Ramuan Penangkal Corona, Menkes Sri Lanka Positif Kena Covid

Percaya Ramuan Penangkal Corona, Menkes Sri Lanka Positif Kena Covid

CELOTEHRIAU--Menteri Kesehatan Sri Lanka Pavithra Wanniarachchi dinyatakan positif terinfeksi virus corona setelah percaya ramuan penangkal Covid-19.

Wanniarachchi sebelumnya diketahui secara terang-terangan mendukung ilmu sihir dan ramuan ajaib dari dukun untuk menghentikan transmisi Covid-19 di negaranya. Ia pun mempublikasikan soal dirinya yang mengkonsumsi ramuan ajaib penangkal Covid-19.

Ramuan yang komposisinya terbuat dari madu dan pala itu diproduksi oleh seorang ahli sihir yang mengklaim bahwa ramuan tersebut berfungsi sebagai inokulasi seumur hidup untuk melawan virus.


Tak hanya percaya dukun, Wanniarachchi pada November 2020 lalu juga melakukan ritual menuangkan sepanci air 'suci' ke sungai. Hal itu ia lakukan usai dirinya mengaku dibisiki 'orang suci' perihal ritual itu bakal mengakhiri pandemi Covid-19.

Kini Wanniarachchi tengah menjalani masa karantina mandiri.

Sementara pegawai yang merasa berinteraksi atau kontak erat dengan Wanniarachchi juga diwajibkan melakukan hal serupa.


"Tes antigennya menunjukkan kembali hasil positif pada Jumat (22/1), dan dia telah diminta untuk mengisolasi dirinya sendiri," kata pejabat Kemenkes Sri Lanka dilansir dari AFP, Sabtu (23/1).

Para dokter di Sri Lanka sebelumnya juga telah menegaskan bahwa tidak ada dasar ilmiah untuk sirup yang disebut sebagai 'ramuan ajaib' itu. Dokter sekaligus menegaskan bahwa sejauh ini belum ditemukan obat yang 100 persen berhasil menangkal paparan virus corona.


Sayangnya ribuan warga terlanjur percaya dan berbondong-bondong membanjiri sebuah desa di Sri Lanka untuk mendapatkan ramuan ajaib yang dibuat oleh tukang kayu Dhammika Bandara itu.

Hingga Sabtu Sri Lanka memiliki 55.683 kasus positif Covid-19. Dari jumlah itu, 48.617 orang dinyatakan telah pulih, sementara 278 orang lainnya meninggal dunia.

 

#internasional

Index

Berita Lainnya

Index