PON 2024/XXI Aceh-Sumut

AT Vanessa Evato Pecahkan Rekor PON di 100 M Gaya Dada Putri

AT Vanessa Evato Pecahkan Rekor PON di 100 M Gaya Dada Putri
Perenang Riau AT Vanessa Evato foto bersama usai pengalungan medali. (CR3)

MEDAN, celotehriau.com--  Perenang andalan Riau Anandia Treciel Vanessa Evato berhasil meraih medali emas pertama cabang olahraga renang di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Selasa (17/9/2024) di venue renang Selayang Disporasu, Medan.

Medali emas Riau ini  diraih dari nomor 100 M gaya dada putri dengan catatan waktu 1.11.25. Catatan waktunya ini mempertajam rekor PON Vanessa di PON XX Papua lalu yaitu, 1. 11.38.

Vanessa bersaing ketat dengan perenang- perenang tangguh dari Jawa Barat dan Jawa Timur. Ia sukses menempatkan perenang Jawa Barat Adellia di posisi kedua dengan catatan waktu 1.11.40 dan perenang Jawa Timur Nurita Monica Sari dengan catatan waktu 1.11.81.

Sekretaris Umum PRSI Riau Akmal Famajra memberikan apresiasi  prestasi yang diraih Vanessa di PON XXI ini, setelah sempat kecewa dengan keputusan Azzahra Permatahani yang membela Sulawesi Tengah.

" Nomor ini memang andalan Vanessa sendiri. Ia juga memperbaiki rekor PON nya di Papua lalu. Saya bangga dan salut dengan Vanessa apalagi saingannya adalah dari Jawa Barat dan Jawa Timur. Saya mengucapkan selamat atas prestasinya di PON XXI ini," ujar Akmal Famajra dengan bangga.

Sekum PRSI Riau itu juga menambahkan untuk mengikuti PON XXI ini, Vanessa juga bersedia menunda untuk memiliki momongan.

"Saya juga acungkan jempol untuk cucu mantan Gubernur Riau H.R Subrantas ini. Vanessa dan suaminya bersedia untuk menunda punya momongan demi membela Riau di PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang bakal menjadi PON terakhirnya, ." jelas Akmal

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Riau Edi Satria juga menuturkan rasa bangga yang sama. Ia bangga karena dari final dua nomor pertandingan lalu, Vanessa tidak satupun meraih medali.

"Alhamdulillah, Vanessa berhasil meraih medali emas di pertandingan hari ini. Saya ucapkan selamat atas prestasinya dan menambah raihan medali emas Riau di PON XXI ini,"pungkasnya

Tambahan medali emas dari renang ini membuat kontingen Riau untuk sementara mengumpulkan 16 medali emas, 13 perak 28 perunggu. (***/YAQ) 
 

#Sport

Index

Berita Lainnya

Index