Cek Prakiraan Cuaca dan Hotspot di Riau pada 18 Juli 2023

Cek Prakiraan Cuaca dan Hotspot di Riau pada 18 Juli 2023
Ilustrasi

PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memberikan informasi terbaru mengenai prakiraan cuaca dan jumlah hotspot di Provinsi Riau, Selasa (18/7/2023).

Menurut Prakiraan Cuaca BMKG Pekanbaru, beberapa wilayah di Riau berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada hari ini.

"Pagi hari ini, cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berawan di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Pelalawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah-wilayah tersebut," kata Forecaster BMKG Pekanbaru Moh Ibnu A.

Sementara itu, pada siang hingga sore hari, cuaca di Riau diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang mungkin terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Pelalawan.

Pada malam hingga dini hari, cuaca di Riau diperkirakan juga cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Meranti, Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

Dalam peringatan dini yang dikeluarkan, BMKG Pekanbaru mengimbau masyarakat agar waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Wilayah yang perlu waspada meliputi sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, dan Kota Pekanbaru pada siang atau sore dan malam hari," imbaunya.

Kemudian, untuk suhu udara di Riau diperkirakan berkisar antara 23,0 hingga 33,5 °C, sementara kelembapan udara berkisar antara 50 hingga 99 persen. Kecepatan angin dominan dari arah tenggara hingga barat dengan kecepatan 09 hingga 27 km/jam.

Selain itu, BMKG Pekanbaru juga memberikan informasi mengenai prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Provinsi Riau, yang diperkirakan berkisar antara 0,50 hingga 1,25 meter (Rendah).

Dalam hal jumlah hotspot di Sumatera, data terbaru BMKG Pekanbaru menunjukkan bahwa terdapat total 62 hotspot. Hotspot tersebut tersebar di beberapa provinsi, dengan jumlah terbanyak terdapat di Provinsi Bangka Belitung sebanyak 22 hotspot.

"Sementara itu, Provinsi Riau tercatat memiliki 4 hotspot, yang terdapat di Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, dan Kota Pekanbaru," jelasnya.

BMKG Pekanbaru terus memantau perkembangan cuaca dan jumlah hotspot di Riau serta memberikan informasi terkini kepada masyarakat. Diimbau agar masyarakat selalu mengikuti perkembangan informasi cuaca dan siaga terhadap potensi bencana yang dapat terjadi. 

Berita Lainnya

Index