Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Bagikan Bibit Ikan Patin Kepada Kelompok Pembudidaya Ikan di Tangkerang Utara

Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Bagikan Bibit Ikan Patin Kepada Kelompok Pembudidaya Ikan di Tangkerang Utara

CELOTEHRIAU - Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia sampai hari ini menyebabkan beberapa dampak di berbagai sektor kehidupan masyarakat. Salah satu sektor yang terdampak adalah perekonomian. Dalam hal ini, UMKM menjadi salah satu sektor perekonomian yang ikut terdampak. Adanya pandemi menjadikan beberapa UMKM tidak dapat beroperasi dengan baik karena beberapa faktor salah satunya yaitu kekurangan modal.

Menanggapi hal ini, mahasiswa kukerta Integrasi Abdimas Tangkerang Utara tergerak untuk membantu salah satu UMKM yang bergerak di bidang budidaya perikanan yaitu Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Cahaya Utara Mandiri yang berada di Kelurahan Tangkerang Utara.

Naufal, salah satu mahasiswa kukerta menyebutkan bahwa,  pembagian bibit patin ini merupakan salah satu program kerja kami dalam rangka membantu UMKM sekaligus menjaga ketahanan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi. 

"Sebelum kami memutuskan membagikan bibit ini, kami telah berdiskusi dengan Bapak Rio Akbar selaku Sekretaris POKDAKAN Cahaya Utara Mandiri. Dari hasil diskusi tersebut, kami memutuskan untuk memberikan 1500 ekor bibit patin beserta 5 kg pakannya. Kami berharap bantuan 1500 ekor bibit patin ini dapat memulihkan kondisi POKDAKAN Cahaya Utara Mandiri menjadi lebih baik," katanya.

Sementara itu, sekretaris POKDAKAN Cahaya Utara Mandiri Rio Akbar menyambut baik bantuan bibit dari mahasiswa kukerta, "Kami berterima kasih kepada adik-adik yang telah menyumbangkan bibit patin kepada UMKM ini. Bantuan bibit ini sangat bermanfaat bagi kami,"ujarnya.

Penyerahan bibit Ikan Patin beserta pakan ikan kepada pihak UMKM dilakukan pada tanggal 22 Agustus 2021. Bibit Patin yang telah diserahkan kemudian disebar ke dalam kolam budidaya.

Berita Lainnya

Index