Warga Pekanbaru Somasi Kementerian PUPR dan Kontraktor Soal IPAL, Begini Respon Pj Walikota

Warga Pekanbaru Somasi Kementerian PUPR dan Kontraktor Soal IPAL, Begini Respon Pj Walikota

PEKANBARU - Tim Advokat Pejuang Riau, yang terdiri dari beberapa orang pengacara di Pekanbaru melayangkan somasi kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau, Direktur PT Wijaya Karya dan Direktur PT Hutama Karya terkait jalan rusak akibat Proyek Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) di Kota Pekanbaru.

Menanggapi hal ini, Penjabat (Pj) Walikota Muflihun mengatakan akan segera menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat.

"Kita akan tetap tindaklanjuti keluhan masyarakat," ujar Penjabat (Pj) Walikota Muflihun, Selasa (13/9/2022).

Ia mengatakan terkait IPAL ini, pihaknya sudah pernah memanggil dan meminta pihak kontraktor untuk segera menyelesaikan proyek ini. Kemudian Kadis PUPR Kota juga sudah rapat dengan pihak IPAL.

"Kemarin Pak Sekda provinsi juga sudah memanggil pihak IPAL. Saya serta PUPR juga ikut rapat. Rapat dilakukan dalam rangka menggesa IPAL juga," ungkapnya.

Meski IPAL ini diawali bukan di zaman dirinya menjabat sebagai Pj Walikota, namun dirinya akan tetap menindaklanjuti keluhan masyarakat.

"Kita akan tindaklanjuti keluhan masyarakat ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Tim Advokat Pejuang Riau, yang terdiri dari beberapa orang pengacara di Pekanbaru, menerima kuasa dari beberapa organisasi masyarakat yang mengeluhkan proyek instalasi pembuangan air limbah (IPAL) yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Hutama Karya.

Adapun pemberi kuasa, diantaranya adalah Forum Pekanbaru Kota Bertuah, Pemuda Milenial Pekanbaru, Lira Kota Pekanbaru, AMPR, Barisan Anak Melayu (BAM) Riau dan Renaldy Azhar sebagai perorangan pemberi kuasa ke tim Advokat Pejuang Riau.

Anggota Tim Advokat Pejuang Riau adalah Suroto sebagai ketua tim, anggota Zulkarnain Kadir, Mirwansyah, dan Suhermansyah, serta orang beberapa lainnya.

Suroto mengatakan, bahwa masyarakat mengeluhkan proyek IPAL yang diduga telah menyebabkan kerusakan pada jalan-jalan yang ada di Kota Pekanbaru.

"Kondisi sekarang di beberapa titik jalan di Pekanbaru masih ada yang dalam tahap pengerjaan dan di banyak titik lain pekerjaan IPAL sudah selesai, tapi jalan dibiarkan dalam keadaan rusak dan buruk. Kondisi ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan dan kerugian pada pengguna jalan, para pedagang dan masyarakat sekitar lokasi pekerjaan," kata Suroto, Senin (12/9/2022).

Berdasarkan surat kuasa yang diberikan, Tim Advokat Pejuang Riau dalam sehari ke depan atau lusa, akan menyampaikan somasi kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau, Direktur PT Wijaya Karya, dan Direktur PT Hutama Karya.

"Dalam waktu paling lama 4 hari setelah somasi diterima agar pihak-pihak terkait tersebut memenuhi tuntutan kami. Diantaranya, agar melakukan perbaikan jalan-jalan yang rusak akibat pekerjaan pembangunan IPAL sampai kondisi jalan tersebut kembali baik dan nyaman dilintasi," kata Suroto.

Berita Lainnya

Index